Mengenal Angular sebagai salah satu Web Framework buatan Google

Penggunaan framework dalam membangun sebuah aplikasi merupakan bukan hal baru dalam dunia coding dengan pilihan yang begitu banyak dan mempunyai beragam keunggulan dan kelemahan masing-masing. Penggunaan framework itu sendiri dapat memudahkan programmer dalam membangun sebuah apalikasi baik backend maupun frontend.

Artikel ini mamin ingin menjelaskan kepada EnigmaNians salah satu framework frontend yang terkenal karena fleksibilitas nya dan framework ini sudah tidak asing lagi bagi seorang programmer yaitu Angular.

Sejarah singkat Angular

AngularJs dikembangkang pertama kali oleh Misko Havery dan Adam Abrons pada tahun 2019. Awalnya AngularJs merupakan salah satu software yang menjadi otak di balik layanan online storage JSON. JSON saat itu juga dikembangkan oleh mereka sebagai layanan dipasar enterprise, sayangnya JSON kurang populer pada saat itu sehingga pengembang mengenalkan sebuah produk framework mereka.

Proyek ini mempunyai tujuan untuk membuat end to end bagi website developer agar berinteraksi baik dengan frontend dan backend. Akan tetapi proyek ini tidak terlalu diminati, pada akhirnya mereka merilis AngularJS secara terbuka (open source).

Ada cerita menarik ini EnigmaNians, ketika itu Hervey sedang bekerja di Google dan saat itu pula ia mencoba mengembangkan lagi framework yang pernah ia buat bersama temannya dengan bantuan Igor Minar dan Votja Jina. Proyek tersebut dikembangkan saat Hervey tengah mengerjakan salah satu proyek google yaitu Google Feedback. Pada saat yang itu ia dan teman-temannya berhasil menyelesaikan 17.000 baris kode yang ditulis selama 6 bulan.

Ukuran kode yang terus meningkat membuat tingkat kesulitannya pun semakin tinggi, akibatnya muncul risiko kesulitan untuk memodifikasi dan memperbaikinya. Melihat ini Hevery menawarkan proyek Angular pada pimpinannya dan memberikan jaminan bahwa semua source code bisa ditulis ulang menggunakan framework dalam waktu dua minggu, walau dalam praktiknya ia mengerjakan dalam waktu tiga minggu. Hervey berhasil mengubah 17.000 baris kode menjadi 1.500, keberhasilan ini membuat pimpinan google tertarik untuk mengembangkan AngularJS berbasis javascript. Sejarah pun mencatat AngularJS sebagai salah satu framework terbaik. Versi pertama rilis pada tanggal 17 Maret 2015 dengan nama kode locality-filtration versi 1.3.25 sebelum akhirnya dikembangkan menggunakan basis typescript dengan nama Angular.

Sampai saat ini, AngularJS dapat berjalan optimal di hampir semua browser kecuali Internet Explorer versi apapun, termasuk versi 6,7 dan 8. Jadi apabila ingin menggunakan AngularJS, browser yang digunakan adalah Chrome dan Firefox.

Untuk melihat sejarah versi AngularJS ini teman-teman dapat melihat informasi di bawah ini:

  1. Angular 2.x — 14 September 2016
  2. Angular 4.x — 23 Maret 2017
  3. Angular 5.x — 1 November 2017
  4. Angular 6.x — 4 Mei 2018
  5. Angular 7.x — 18 Oktober 2018
  6. Angular 8.x — 28 Mei 2019
  7. Angular 9.x — 6 Februari 2020
  8. Angular 10.x — 24 Juni 2020

Versi terakhir saat mamin menulis artikel ini telah keluar versi 11 pada tanggal 11 November 2020.

Mencoba membuat proyek sederhana

Persiapan sebelum melakukan coding adalah:

  1. Download Visual Studio Code, untuk teman-teman yang belum menginstall dapat melihat tutorial disini https://enigmacamp.medium.com/instalasi-visual-studio-code-untuk-semua-sistem-operasi-1fbeff281521
  2. Download NodeJS, tutorial dapat dilihat disini https://enigmacamp.medium.com/instalasi-nodejs-e54583bdc9a9

Persiapan sudah selesai mari kita coding ya EnigmaNians. Buka terminal teman-teman kemudian masukkan perintah ini ya:

Setelah itu pastikan aplikasi telah terpasang dengan memasukkan perintah

Jika sukses akan menampilkan logo framework

Langkah selanjutnya adalah teman-teman dapat membuat proyek dengan memasukkan perintah

Tunggu hingga proses selesai. Jika sudah teman-teman bisa masuk kedalam direktori yang dibuat di atas dengan memasukkan perintah

Untuk menjalankan masukkan perintah

Lihat di browser teman-teman, maka proyek-angular-pertama berhasil berjalan dengan sukses.

Enigma IT Bootcamp

Information Technology Company

For Recruitment:
📧: recruitment@enigmacamp.com
📞: +62 813 8711 8339
For Partnership:
📧: sales@enigmacamp.com
📞: +62 21 2780 6212

https://www.enigmacamp.com/

--

--

Enigma IT Bootcamp Blog

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store